Contoh Perubahan Aktivitas Manusia

Berikut ini adalah merupakan salah satu contoh perubahan aktivitas manusia, mungkin setiap harinya kita sering mengalaminya tetapi kita tidak memahaminya. Adapun juga perubahan yang terjadi di masa lampau hingga sampai saat ini. Dapat anda baca dan simak di berbagai ilmu dunia pendidikan sekolah dasar. Berikut ini adalah ulasan yang akan kami sampaikan.

Contoh Perubahan Aktivitas Manusia

Siti memperhatikan ibunya yang sedang telepon toko alat rumah tangga. Kemarin, saat Siti dan ibunya berbelanja gelas sebanyak 4 lusin, penjaga tokonya bilang kalau ibu mendapat hadiah 4 gelas. Namun, setelah sampai di rumah gelas ibu Siti hanya sebanyak 50, berarti kurang 2. Seharusnya, jika ibu Siti membeli 4 lusin gelas dan mendapat hadiah 4 gelas, maka banyak gelas ibu Siti 52.

1 lusin = 12, 4 lusin = 4 x 12= 48, 4 lusin gelas + 4 gelas = 48 + 4 = 52 gelas

1. Ibu Fatma membeli 8 lusin gelas. Ia mendapat hadiah 4 gelas sebagai bonus. Berapa banyak gelas ibu Fatma seluruhnya?

Jawab: (8 x 12) + 4 = 96 + 4 = 100 gelas

2. Pak Rahman mempunyai persediaan kertas sebanyak 5 rim lebih 180 lembar. Setelah dilihat ternyata terdapat 35 lembar kertas rusak. Berapa banyak kertas yang masih baik? 
Jawab:

3. Aulia mempunyai 1 1/2 gross manik-manik. Aulia menggunakan 8 lusin 7 buah manik-manik untuk membuat kalung. Berapa sisa manik-manik Aulia?

Jawab:(1,5 x 144) - ((8 x 12 ) + 7) = 216 - (96 + 7) = 216 - 103 = 113

4. Ibu Lestari membeli 2 lusin pensil dengan harga Rp1.500,00 per buah. Kemudian membeli penggaris 1/ 2 lusin dengan harga Rp800,00 per buah. Berapa harga beli semuanya?

Jawab : (2 x 12 x 1.500) + (0,5 x 12 x 800) = 36.000 + 4.800 = 40.800

5. Ibu Riana seorang pedagang. Pada awalnya ia mempunyai persediaan 2 kodi seprei. Hari ini terjual 2 lusin seprei. Berapa banyak seprei Ibu Riana yang belum terjual?

Jawab: (2 x 20) - (2 x 12) = 40 - 24 = 16

6. Menjelang hari raya, Pak Burhan membeli 2 kodi baju. Pak Burhan membeli lagi 4 lusin baju. Berapa buah baju yang dibeli Pak Burhan semuanya?

Jawab: (2 x 20) + (4 x 12) = 40 + 48 = 88

7. Dalam menghadapi ulangan semester suatu sekolah membutuhkan kertas untuk membuat soal ulangan. Diperkirakan tiap kelas membutuhkan 650 lembar. Jika di sekolah ada 6 kelas, berapa rim lebih berapa lembar kertas yang dibutuhkan sekolah?

Jawab: (6 x 650) : 500 = 3.900 : 500 = 7 rim 400 lembar atau 7, 8 rim

8. Ibu Lilis seorang penjahit yang sukses. Hari ini dia mendapat pesanan 25 baju. Setiap baju membutuhkan kancing baju. Berapa gros lebih berapa buah kancing baju yang dibutuhkan Bu lilis?

Jawab: 25 x 9 : 144 = 225 : 144 = 1 gros 88 buah atau 1,5625 gros

Siti dan ibunya merasa diuntungkan dengan adanya teknologi berupa alat komunikasi berupa telepon. Dengan adanya telepon mempermudah dan memperlancar komunikasi antarmanusia. Hal ini menunjukkan aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya. Tahukah kamu, faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia?
Kontak Dengan Kebudayaan Lain Perubahan sosial dan budaya akan berjalan dengan cepat apabila masyarakat sering melakukan kontak dengan kebudayaan lain. Salah satu proses yang mempercepat kontak dengan kebudayaan lain adalah proses difusi. Dengan terjadinya difusi, suatu penemuan baru yang telah diterima oleh masyarakat dapat diteruskan dan disebarkan pada masyarakat luas sampai semua masyarakat dapat menikmati kegunaannya. Selain difusi, proses yang mempercepat kontak sosial juga dapat terjadi karena akulturasi, namun akulturasi bersifat continue dan memerlukan hubungan dekat.
Sistem Pendidikan Formal Yang Lebih Maju Pendidikan formal sangat penting, karena dengan pendidikan formal masyarakat akan mendapatkan nilai-nilai tertentu untuk menerima hal-hal baru dan berpikir lebih rasional dan ilmiah serta cara pandang terhadap masalah yang lebih obyektif.

Toleransi. Masyarakat yang memiliki sikap toleransi cenderung akan mudah menerima hal-hal yang baru, sehingga proses perubahan sosial budaya akan berjalan lebih cepat karena masyarakat sangat toleran dengan perilaku menyimpang. Dalam hal ini dapat berupa penyimpangan positif maupun negatif. Contoh: dahulu pekerjaan sopir hanya dilakukan oleh seorang laki-laki, namun sekarang ini masyarakat tidak merasa risih apabila perempuan bekerja sebagai sopir.

Sistem Stratifikasi Terbuka. Dengan sistem stratifikasi terbuka maka hal itu akan memberikan kesempatan adanya gerak sosial vertikal dan peluang yang luas bagi individu untuk meningkatkan diri untuk maju dan berusaha menaikkan status sosial dalam masyarakat. Contoh: seorang anak yangt terlahir dari keluarga petani miskin, dengan kemampuan secara akademis anak itu mendapatkan pekerjaan yang bagus. Dengan begitu anak itu mampu menaikan status sosial dirinya dan keluarganya.
Penduduk yang Heterogen. Dalam masyarakat heterogen yang memiliki latar kebudayaan, ras dan ideologi yang berbeda akan mudah dan sering terjadi pertentangan yang akan memicu terjadinya perubahan tersebut.

Beberapa contoh perubahan aktivitas manusia.

Jaman dahulu enuju tempat tertentu dengan berjalan kaki. Saat ini menuju tempat tertentu dengan berbagai kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil.

Telah anda membaca mengenai Contoh Perubahan Aktivitas Manusia. Baca juga info pendidikan yang lainya barangkali dapat dijadikan referensi sumber ilmu bagi anda semuanya yaitu, Klasifikasi Makhluk Hidup, Terimakasih....

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Bendera Semaphore